Berita

03 August 18

APG Meraih Penghargaan Peringkat Ke-1 “Indonesia Enterprise Risk Management Award- II- 2018 (IERMA-II-2018)

Kami kembali meraih Peringkat Ke - 1 kategori Anak Perusahaan BUMN dalam Indonesia Enterprise Risk Management Award - II - 2018 dari Economic Review  Jumat, 3 Agustus 2018, bertempat di Mawar I, Ballroom Balai Kartini, Jakarta dalam Penghargaan “Indonesia Enterprise Risk Management  Award- II- 2018  (IERMA-II-2018).

Penyelenggaraan IERMA-II-2018 ini merupakan penghargaan tertinggi kepada perusahaan yang telah sukses menjalankan manajemen risiko, sehingga perusahaan tersebut berkinerja baik, bertumbuh kembang dan menyerap lapangan kerja yang besar. Sebagai perusahaan, Manajemen risiko adalah suatu metodologi atau proses untuk me-manage risiko dari proses identifikasi, pengukuran, metigasi, dan monitoring agar tujuan perusahaan tercapai dan memperkecil kerugian. Risiko sendiri adalah potensi kerugian, ataupun kerugian yang akan dan telah terjadi dari suatu kejadian.

Tujuan manajemen risiko adalah menjaga agar aktivitas operasional perusahaan tidak menimbulkan kerugian yang melebihi kemampuannya untuk menyerap kerugian, atau membahayakan kelangsungan usahanya. Dalam penilaian, Economic Review  didukung oleh Dewan Juri yaitu Ibu Dr. Dewi Hanggraeni, SE, MBA (Ketua Dewan Juri IERMA II 2018), Bapak Agus Maiyo (Deputi Direktur Pengawasan Pembiayaan 2 OJK) dan dewan juri lainnya dengan sistem penilaian sebagai berikut:

1. Mengidentifikasi sumber risiko, mengukur besarnya risiko yang bisa diukur melalui dua dimensi yaitu dimensi frekuensi dan dimensi dampak atau impact. Dimensi frekuensi adalah kejdaian berapa kali risiko itu terjadi dalam satu periode atau dalam satu tahun, misalnya dalam satu tahun berapa kali kecelakan atau sakit.

2. Berdasarkan kebijakan prosedur dan penetapan limit, dimana di suatu perusahaan harus ada yang mengatur kebijakannya harus bagaimana, apakah harus diasuransikan, dicatat, impactnya, siapa yang bertanggung jawabnya dan lain sebagainya.

3. Cakupan manajemen stakeholder yang menyangkut karyawan.

Penerimaan penghargaan  IERMA-II-2018 PT APG diwakili oleh Ibu Tiara Nursyani (Corsec PT APG) yang langsung diberikan oleh Ibu Hj. Nana Irlisa Rachmadiana, SSn, MM (Pendiri & Pemimpin Umum Economic Review).